Breaking News

Cari tambahan uang jajan yuk..

Kuliah Online kelas B Psikologi Pendidikan

Adinda...
kuliah hari ini full effort ya..
banyak yang kesulitan gabung di group, hasil diskusi yang ternyata masih belum 1 persepsi, dan termasuk saya juga beberapa saat harus meninggalkan proses pembelajaran...
Tidak perlu khawatir, yang penting kemauan belajar dan memuali berproses adalah sesuatu pertanda hidup. Semoga kita terus berani belajar mencoba dan mengkoreksi diri..

SIlahkan posting komen pengalamannya ya..:)
terima kasih.

35 komentar:

  1. Proses belajar e-learning sperti ini sebenarnya sangat menarik...
    akan tetapi, dengan jumlah peserta yang sangat banyak dalam satu grup chat, menurutku itu kurang efektif. karena sering kali setiap individu mempostingkan sesuatu dalam waktu yang relatif bersamaan, sehingga itu akan sedikit memusingkan para pembacanya. :)
    Semoga bisa lebih baik lagi ke depannya proses belajar e-learning ini...

    LUAR BIASA !!!

    BalasHapus
  2. proses belajar sekarang yang menerapkan e-learning ini, karena baru pertama kali, saya masih agak bingung dan masih ada salah pengertian juga buk. Namun, kuliah seperti ini menarik juga, karena kita lebih terpacu satu sama lain dalam mengeluarkan ide2 dan pendapat dan belajarnya juga lebih fun.
    ^^

    masih perlu banyak belajar nih!

    BalasHapus
  3. menurut saya proses belajar e-learning ini sebenernya sangat enak ,namun banyak sekali para peserta yang masih belumn mengerti dan masih banyak yang belum paham .makanya banyak terjadi kendala dalam proses belajar hari ini.
    namun dengan belajar seperti ini akan dapat menambah wawasan kami juga .
    namun kami harus belajar lebih giat lagi
    Terima kasih ibu :)

    BalasHapus
  4. mnrik si bu, tnp hrs brbcra bsa mngeluarkan pndpat,
    tp bu ssahnya kalau kita salah persepsi,
    tp mngkn in bsa jd proses pmblajran e'learning lbh baik n baik,

    waktunya jg jd lbh efektif bu,
    mksh y bu, udh ngajari e-learning,
    jd bsa lbh mdah untuk proses bljar,

    BalasHapus
  5. proses pembelajaran menggunakan diskusi itu menarik. Namun peserta didik dalam satu grup yang terlalu banyak yang membuat sedikit membingungkan. Tetapi, diskusi ini menarik kok!

    BalasHapus
  6. kuliah online hari ini cukup menarik. banyak pengetahuan yang bisa terus didapat dari e-learning ini. saya setuju dengan pendapat Johan, kuliah dengan cara ini menarik tapi karena siswanya yang banyak jadi agak kurang efektif bu karena banyak yang menulis secara berbarengan dan membuat pusing orang yang membacanya malah terkadang tulisan ibu tidak terlihat sehingga harus scroll jauh ke atas

    BalasHapus
  7. Dengan begini, kita dapat melihat dunia, dan dunia pun dapat melihat kita (dengan memposting hasil diskusi ke blog).
    Dan saya yakin, kendala kendala yang terjadi adalah tantangan buat kami untuk lebih maju.
    Sering sering kuliah online ya, bu.. Hemat , bu.
    Hemat bensin, praktis, dan Amazing :)

    BalasHapus
  8. kuliahnya ya asik bu , tapi diskusi besarnya kurang efektif karena semuanya berebut bicara. maunya agak lebih sistematis , misalnya ibu panggil namanya , baru kelompoknya presentasikan hasil diskusi , kalo kayak tadi smua pingin revisi , kan semak juga ya bu, ibuk juga bingung kan jadinya .. jadi maunya kedepan kita lebih atur masalah sistemnya sama2 buk , overall thats okay :)

    BalasHapus
  9. sangat setuju dengan johan, e-learning ini merupakan sesuatu yang sangat menarik dan pertama kalinya saya jajal keunggulannya pada e-learning ini kami sebagai mahasiswa jadi lebih aktif dibanding hanya berupa pertemuan di kelas biasa,kami jadi lebih mengeksplor dan berani bicara banyak dalam mengurai pendapat namun, kurang efektif jika beramai-ramai diutarakan sekaligus, tapi semua sistem mempunyai kelebihan dan kekurangan jadi karena baru pertama kali kami coba menurut saya ini hal yang wajar saja kok bu :) semoga kedepannya bisa lebih baik dan teratur. terimakasih:)

    BalasHapus
  10. Sebenarnya kuliah online seperti ini tuh, seru dan sangat menyenangkan bu, mungkin karena baru pertama kali, ditambah lagi susah masuk group dan yang lainnya jadi agak ribet bu.
    Seandainya dari awal mulainya serempak, dan diatur sedemikian rupa, jadi lebih terorganisir bu. Karena yang sekarang ini tuh, kayak teriak rame-rame dalam satu ruangan, yang satu belum siap ngomong eh yang satu uda berkoar-koar jadi bingung mana yang mau disimak bu.
    Semoga kedepannya kita bisa lebih baik ya bu

    terima kasih bu dina :)

    BalasHapus
  11. menurut saya proses pembelajaran ini kurang efektif. banyak kedala yg terjadi, seperti problem loading, dam komunikasinya antara teman sekelompok pun kurang efektif. apalagi saat ada d chat group, bnyk yg ketinggalan infomasi.
    Tapi udah cukup menyenangkan kok.
    Thx^

    BalasHapus
  12. menurut saya sih ya bu.E-learning itu asik,karena gak monoton belajarnya,gak membosankan,lebih ekspresif.asiiik lah pokoknya buk.Jadi gak cuma teori sih yang di bahas ,langsung prakter biar paham.Apalagi sebelumnya gak pernah nyoba belajar seperti ini.Nambah pengalaman baru saya bu.. ^^b

    BalasHapus
  13. tdi nya sich menyenangkan
    tp krna ada kendala kuliah ny jd gag seru
    pa lagi td susah x join k grup ny

    tp asyik
    bs jd pngalaman lha
    :)

    BalasHapus
  14. kali ini proses belajarnya terasa sekali yaa bu, sangat menarik dan tidak membosankan. diskusi pun terasa sangat menyenangkan. semua juga dapat masukkan dari ibu dina, jadi kita jd tau kekurangan yang harus kita perbaiki ke depannya..thankss bu :)

    BalasHapus
  15. menurut saya proses menggunakan e-learning sangat menrik, tpi karena msh bnyak yng blm ngerti jdi gak sush untuk mmhaminya. termasuk sya..
    tpi dari sini kita bisa beljr dan juga bisa mnambah wawasan kita

    BalasHapus
  16. kuliah online rasanya campur-campur alias gado-gado
    heheheeh

    seru sich !!!
    tp agak ribet waktu mw ngejoin.
    pas wdah massuk, asik asik aja thu

    Semangat klo mw ada lg kuliah online berikutnya
    heheeh
    :D

    BalasHapus
  17. ya semua proses pembelajaran saya rasa semuanya memiliki kendala. namanya juga proses, tapi saya pikir kita harus memiliki kesiapan yang baik apabila kita menjalani kuliah online seperti ini. dari kita sendiri mungkin harus mempersiapkan solusi2 untuk mengatasi masalah2 yang akan terjadi, seperti laptop lowbat, koneksi lambat, seharusnya dari awal kita harus mempersiapkannya terlebih dahulu. memang ada beberapa kendala juga yang diluar kendali kita, seperti mati lampu, yah mungkin itu lah kendala terbesar yang harus kita hadapi dalam proses pembelajaran online ini. tapi ada baiknya sebisa mungkin kita harus mempersiapkannya dengan baik sebelum melaksanakan kuliah online. Terimakasih :)

    BalasHapus
  18. sebenarnya proses pembelajaran ini bagus..
    tapi agak banyak hambatan bagi yang tidak terlalu mengertii.. tapi dengen begini jadi tahu banyak hal bagaimana menggunakan media pembelajaran yang seperti ini..
    mungkin karna ini yang pertama jadi belum terlalu maksimal..
    lain kali bisa kita dicoba lagii bu :)
    Thanks bu :))

    BalasHapus
  19. awalnya saya lumayan bingung dengan proses belajar e-learning ini, tapi lama-kelamaan setelah dijalanin saya merasa nyaman dengan sistem kuliah e-learning ini. keseluruhannya sih kuliah dengan sistem e-learning ini mengasyikkan dan tidak membosankan sebab dg e-learning kita bisa kuliah dimana saja tanpa harus bertatap muka.

    BalasHapus
  20. Fantatstik bu,,,
    benar-benar di arahkan untuk jadi mahasiswa yang berkompeten, mampu menjadikan metode learner centered sebagai hal yang sangat membantu dalam proses belajar,,,
    semua terasa sangat berbeda bu,,,
    saya pribadi merasa termotivasi untuk mengahadapi tantangan dunia teknologi...

    GBU

    BalasHapus
  21. terimakasih utk hari ini..
    yg melatih kita utk kritis thdp stimulus yg diberikan..
    kuliah hari ini asik, menarik dan satu lagi
    MENANTANG...!!!!
    melatih menjadi someone curious..
    I Like it

    BalasHapus
  22. menurut saya ..
    proses belajar menggunakan e-learning ini menarik walaupun sedikit sulit.

    tapi
    walaupun begitu dengan begini
    tidak membosankan
    dan dapat menambah wawasan
    ;-)

    BalasHapus
  23. kuliah online hari ini sangat menarik bu, walaupun saya kesusahan awalnya, apalagi dengan teman-teman kelompok, ntah gmn2 gthu bu.....coalnya pada awal semua sich hr ini bu....

    tpi saya sangat suka dengan kuliah seperti ini bu....

    dan saya melihat kita jadi lebih bisa berpendapat, klaw dikelas khan bu, kita hanya diam aj, tp klow disini tdi kyknya smuanya jd lebih aktif......

    :)

    BalasHapus
  24. saya setuju dgn metode blajar sperti ni mskipun masuk nyah sangat sulit.............
    agak2 naek emosi gara2 gak bsa join kegrup........
    pi ywda lah........
    mngkin krna ada sdkit kndala ajah..........
    pi proses blajar sperti ni sngat seru..........
    nambah pngalaman bru................
    mantabh lah pokoke...........
    hehehehehe
    :)

    BalasHapus
  25. kuliah online kali ini gk seasyek yg pertama karena kesulitan masuk k cheat group...
    tapi yasudahlah...

    kuliah online seperti ini bener-bener menambah wawasan baru,d sini smwnya bsa berpendapat tanpa hrus malu-malu mengeluarkan pendapat seperti yg d klas..

    thanks ibu ^_^

    BalasHapus
  26. menurut saya kuliah online hari ini cukup baik dan dengan kuliah online bnyk yang aktif bu. meskipun saya sedikit bingung bu. :)

    BalasHapus
  27. Saya sangat setuju dengan Anis. untuk menunjang keefektifanya sebaiknya dengan cara seperti itu. agar kita lebih mudah mendapatkan point-point pentingnya. memang pendapat teman-teman juga penting, namun kita harus memilahnya kembali menjadi point2 terpenting untuk disampaikan.

    BalasHapus
  28. menurut saya, ini adalah cara yg baik untuk memancing kekritisan mahasiswa, mmg kgt pada awal'a, krn biasa'a kuliah dilkukn dikelas dan dipandu oleh dosen, tp hri ini, ditempat msg" dgn bntuan stimulus dikti.go.id, secara gtdk lgsg peralihan dri teacher sentered ke learner centered membuat kmi para mahasiswa mnjdi lbih mandiri dlm mencari tau informasi" yg ada :)
    semoga dgn kuliah sprti ini, pikiran kt smua trbuka untuk mnjdi mahasiswa aktif dan kritis :)

    BalasHapus
  29. Sebenarnya menarik dan seru bu, hanya saja jumlah pserta yg brkisar 50an mnylitkan dlm mmbaca serta manggapi postingannya. Terus masalah teman2 yg pakai modem kdang suka lemot jdi diskusi klmpok ny agak susah dan mungkin krna ini bru prtama x jdi masih agak gagap gtu bu..

    BalasHapus
  30. Kuliah online hari ini menarik bu..
    hampir semua mahasiswa/i berani mengeluarkan pendapat,banyak mendapat wawasan. Tapi saya masih bingung bu karena mungkin baru pertama kali dan grup chatnya cukup banyak jadi bingung bacanya..
    smoga kedepannya bisa lebih baik lagi..

    BalasHapus
  31. Hmmm akhirnya.......
    Bu finally shre kami tadai lumayan seru bu. Kenapa? karena begitu banyak pembelajaran yang tak diduga2,disini bukan hanya e-learning dan learner centered saja bu yg dibahas.
    Akan tetapi coba kaji lebih dalam bahwa kebersamaan dan kekompakan itu selalu ada menyinari kegusaran, kecemasan, bahkan emosi di tiap teman-teman karena sulit mungkin.
    Jadi dengan adanya 2 metode tadi saya jd paham bu apa sih makna pendidikan itu sebenarnya

    ^_^

    BalasHapus
  32. sebenarnya kuliah online sperti ini sangat menarik dan menjadi pengalaman pertama saya tetapi sayang pengalaman saya sendiri gara-gara modem nya loding nya lambat jadi gak efektif belajarnya dan diskusi nya juga jadi susah untungnya aja saya bareng teman-teman sekelompok.

    hhmmm ....
    tapi menarik sih

    BalasHapus
  33. menurut saya proses belajar seperti ini sangat menarik dan baru pertama kalinya saya mencoba. dapat terlihat kalau proses belajar seperti ini membuat banyak mahasiswa lebih aktif dalam menyampaikan pendapatnya terkait dengan topik yang dipelajari.namun sedikit ribet dengan jumlah peserta berkisar 50 dikarenakan banyaknya chat yang masuk berbarengan.
    tapi, keseluruhan sangat menarik :)

    BalasHapus
  34. menurut saya hari ini belajarnya seru buk. kita jadi belajar hal baru lagi, terus kita jadi lebih bersemangat untuk mengeluarkan ide dan pendapat-pendapat kita.cukup efektiflah, tapi saat chatnya masuk secara bersamaan sedikit membuat saya bingung buk. tapi tetap menyenangkan.belajar sambil santai juga sih.
    tapi memang masih harus banyak belajar agar terbiasa belajar seperti ini.

    BalasHapus
  35. thanks adinda semua yang sudah posting komentar tentang pengalaman kuliah hari ini...

    saya menyadari bahwa ini semua bagian dari proses, dan tidak ada yang sempurna.
    Penyempurnaannya akan berlangsung pada diri kita semua seiiring dengan kemauan untuk belajar lebih banyak dan lebih baik seiring dengan waktu serta tidak harus bergantung pada pihak lain...:)

    memang kendala yang adinda hadapi masing-masing tidak semua bisa diatasi langsung tetapi. Namun semoga dengan pengalaman mendapat kendala tersebut dapat menjadikan kita semua lebih matang dalam bersikap.

    maju terus pantang mundur.
    next time better..

    BalasHapus

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog