Memulai bulan Maret penuh dengan dinamika.
Suatu catatan memberi warna dalam perjalanan proses belajar saya, bersama 2 kelas mahasiswa pada 2 kesempatan yang berbeda untuk sebuah aktivitas: Kuliah Psikologi Pendidikan secara online yang merupakan satu penerapan sederhana dari pembelajaran dengan e-learning.
Proses kognitif pada diri saya mengingatkan betapa kompleksnya hidup dan upaya untuk belajar ini. Sistem kerja otak saya ditantang untuk mengolah berbagai macam informasi serta mengkoordinasikannya dengan baik agar dapat mewujudkan suatu proses kebaruan, yaitu fenomena kuliah di dunia maya dengan lebih 50 individu yang tidak terjangkau dalam pandangan. Dalam kesempatan ini begitu banyak aspek psikologi pendidikan mendasari prosesnya. Pengolahan informasi, membangun dan menjaga motivasi diri serta menggerakkan motivasi para mahasiswa, membangun komunikasi, mengelola kelas secara virtual, memberikan pembimbingan, mengintegrasikan sumber bacaan-bacaan hasil penelitian dan banyak lagi....
sehingga perkuliahan 2 kelas secara online telah menggerakkan lebih dari 50% mahasiswa yang terlibat mau berbagi pengalaman secara kognitif, afektif secara dominan dan juga berbagi pengalaman bagian psikomotorik masing-masing yang tidak langsung, dengan cara mem- posting komen yang disediakan pada blog ini.
Adinda,
sadarkah kita ketika semua ini berlangsung begitu saja sesungguhnya sudah menjadi referensi yang menjelaskan sebuah isi textbook yang selama ini menjadi pengangan adinda pada mata kuliah ini?
Semoga kita mampu mengkritisinya dan menyadari serta merasakan Psikologi Pendidikan tidak akan pernah lepas dari setiap ritme yang kita jalani dan lewati. Selanjutnya menggerakkan banyak potensi untuk menghasilkan karya-karya kreatif secara ekspresif...
Ayo belajar terus disepanjang hayat kita..
Terima kasih telah berkesempatan belajar bersama dalam suatu proses yang LUAR BIASA..
regards,
dosen pengampu
Read more ...
Suatu catatan memberi warna dalam perjalanan proses belajar saya, bersama 2 kelas mahasiswa pada 2 kesempatan yang berbeda untuk sebuah aktivitas: Kuliah Psikologi Pendidikan secara online yang merupakan satu penerapan sederhana dari pembelajaran dengan e-learning.
Proses kognitif pada diri saya mengingatkan betapa kompleksnya hidup dan upaya untuk belajar ini. Sistem kerja otak saya ditantang untuk mengolah berbagai macam informasi serta mengkoordinasikannya dengan baik agar dapat mewujudkan suatu proses kebaruan, yaitu fenomena kuliah di dunia maya dengan lebih 50 individu yang tidak terjangkau dalam pandangan. Dalam kesempatan ini begitu banyak aspek psikologi pendidikan mendasari prosesnya. Pengolahan informasi, membangun dan menjaga motivasi diri serta menggerakkan motivasi para mahasiswa, membangun komunikasi, mengelola kelas secara virtual, memberikan pembimbingan, mengintegrasikan sumber bacaan-bacaan hasil penelitian dan banyak lagi....
sehingga perkuliahan 2 kelas secara online telah menggerakkan lebih dari 50% mahasiswa yang terlibat mau berbagi pengalaman secara kognitif, afektif secara dominan dan juga berbagi pengalaman bagian psikomotorik masing-masing yang tidak langsung, dengan cara mem- posting komen yang disediakan pada blog ini.
Adinda,
sadarkah kita ketika semua ini berlangsung begitu saja sesungguhnya sudah menjadi referensi yang menjelaskan sebuah isi textbook yang selama ini menjadi pengangan adinda pada mata kuliah ini?
Semoga kita mampu mengkritisinya dan menyadari serta merasakan Psikologi Pendidikan tidak akan pernah lepas dari setiap ritme yang kita jalani dan lewati. Selanjutnya menggerakkan banyak potensi untuk menghasilkan karya-karya kreatif secara ekspresif...
Ayo belajar terus disepanjang hayat kita..
Terima kasih telah berkesempatan belajar bersama dalam suatu proses yang LUAR BIASA..
regards,
dosen pengampu